Iklan

Intelektualitas Anak Muda Dalam Upaya Tantangan global dimasa pandemic covid 19.

Admin
Minggu, 06 Juni 2021
Last Updated 2022-12-08T18:11:56Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
masukkan script iklan disini
                   Oleh :Riswan Lesman

Banyak cerita indah dalam aktivitas keseharian baik individu maupun kelompok selama pengabdian daring yang disajikan oleh setiap penulis. Untaian kata yang terukir dalam setiap tulisan ini sekaligus membuktikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat secara daring selama masa pandemi Covid-19 dapat tetap dilakukan dan tidak memupus semangat anak muda untuk tetap berkontribusi ke masyarakat. 

Meskipun tanpa penerjunan fisik ke lokasi kerja, namun ide - ide kreatif yang ditunjang dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi mampu menjadi jembatan virtual antara rumah dan aktivitas kerja berlansung. Agar pengabdian akan terasa tetap asyik meski tanpa penerjunan fisik.

Sejalan dengan ilustrasi di masa pandemic C-19 ini, Kabupaten Halmahera Selatan juga bukan sebagai kabupaten dalam tontonan masa pandemic. Akan tetapi! mula, awal dan akhir yang akan melibatkkan seluruh elemen kepemerintahan dan masyarakat pada umumnya mampu menjaga efektifitas kerja.

Setidaknya kami percaya bahwa Sang Esa berkenan untuk mau melihat niat dan ketulusan kami dalam mengabdi dari lubuk hati kami yang paling dalam.

“Hanya karena sesuatu tidak sesuai dengan rencanamu bukan berarti itu sia sia.”, Thomas Alva Edison.

Semuanya memang tidaklah berjalan sesuai dengan idealisme yang kami miliki. Namun melalui refleksi diri atas apa yang telah terjadi selama masa pandemic C-19  ini, maka banyak pelajaran hidup yang dapat saya ambil dari penglaman di tengah pandemi ini. Belajar ikhlas dengan penuh ketulusan hati atas segala yang terjadi, menjadi pelajaran utama yang bisa saya petik dari kegiatan di masa pandemi ini. Suatu pembelajaran yang susah untuk ditemukan di momen lain.

Lampu Poci

Mengabdi di tengah pandemi merupakan bentuk nyata kami sebagai anak muda dari desa untuk berani menyalakan lampu poci tersebut di tengah kondisi seperti ini. Berjuang untuk masyarakat dengan membawa nama  kerakyatan menjadi hal yang bisa kami banggakan pada saat kulia dan di kenang pada hari tua nanti. Dalam kondisi seperti ini, tentu terjadinya suatu hambatan ialah hal pasti. Contohnya ialah yang terjadi dalam unit kami. Pemerintah desa yang kurang kooperatif menjadi contohnya. Mereka dengan pendirian yang teguh berharap ingin berkenalan secara langsung dengan kami. Memang tak afdol apabila ketika ingin bekerja sama tetapi satu sama lain belum pernah berjumpa secara dekat tanpa sekat dalam mengembangkan bakat.

Apalagi baru-baru ini masyarakat kabupaten Halmahera selatan baru saja diperhadapkan dengan momentum politik (PILKADA). Itu artinya penyerahan Kekuasaan Pemerintahan oleh Pemerintah Pusat kepada daerah otonom berdasarkan Asas Otonomi. pengertian ini sesuai dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2014. Dengan adanya desentralisasi maka muncul otonomi bagi suatu pemerintahan daerah.

Dalam keorganisasian yang secara sederhana banyak tugas dan tanggung jawab kita bersama pada saat ini dalam masa pandemic C-19, sebagai penyerahan kewenangan. Dalam kaitannya dengan sistem pemerintahan, mengenai berbagai macam tantangan globalisasi sekarang ini, sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan dan juga kedamaian bagi masyarakat. Yakni; Kegiatan ekonomi yang terjadi pada saat ini, tanpa upaya lepas tangan pemerintah sendiri, melaikan anak muda mampu membuka sendi-sendi karya baru, sebagai upaya mewujudkan kerjasama baik pemeritah, masyarakat, maupun anak muda seutuhnya. 

Dalam konteks pemberdayaan sosial dan travelling, maju berpengaruh terhadap kondisi berkembang ekonomi sekarang ini, agar dalam upaya menciptakan rasa ketergantungan dan kepercayaan mampu mendorong eksistensi sandang, pangan dan papan di masa pandemic C-19.

 diteruskan/terkini

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Related Posts