Iklan

Air Laut Pasang, Babinsa Koramil 1509-01/Bacan Himbau Warga Desa Bibinoi Waspada Banjir

Admin
Minggu, 05 Desember 2021
Last Updated 2022-12-08T18:11:02Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
masukkan script iklan disini
HAL-SEL, NMN. Babinsa Koramil 1509-01/Bacan, Praka Ferry Karamoy mengimbau warga binaannya di Desa bibinoi, Kecamatan Bacan timur tengah, Kabupaten Halmahera selatan, agar pesisir pantai untuk mewaspadai terjadinya rob atau banjir akibat air laut pasang.
Dijelaskan Praka Ferry Karamoy, bahwa berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan berkenaan dengan adanya potensi kejadian cuaca ekstrem di bagian-bagian wilayah Indonesia hingga 9 Desember 2021.
"Waspada bencana hidrometeorologi yang kemungkinan menyertainya. Mulai dari banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan sebagainya, yang akibat berdampak terhadap potensi gelombang dengan tinggi 2,5 sampai 4 meter masih perlu diwaspadai di beberapa wilayah perairan. Jelas Praka Ferry.
Potensi menimbulkan gelombang dengan tinggi hingga empat meter di perairan utara Kepulauan Kanada, perairan barat Kepulauan Natuna, perairan Kepulauan Subi Serasan, perairan utara Kepulauan Sangihe, perairan utara KepulauanTalaud, Laut Maluku bagian utara, perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, serta Samudera Pasifik utara Halmahera hingga Papua. Ujarnya Minggu, 5/12/2021.
Ia mengatakan, bahwa beberapa wilayah Kabupaten halsel yang rawan terkena rob di antaranya saat ini yang terjadi di Kecamatan bacan timur tengah desa bibinoi hingga desa yang lokasinya  berada di pesisir pantai.
“Kami akan terus memantau perkembangan di lapangan. Jika dipandang perlu, kami akan evakuasi warga ke sejumlah lokasi yang lebih aman dari luapan air rob. Untuk saat ini kami keliling menghimbau kepada warga agar tetap waspada apabila air bertambah,” tegasnya.
Pengecekan lokasi banjir rob  dilakukan dengan mendata rumah yang tergenang air, mendata kerugian akibat banjir dan berkoordinasi dengan aparat pemerintah desa untuk selalu siaga.

Reporter: wan
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Related Posts