Iklan

Dua Dekade SKM Harapan Rakyat Menjadi Sumber Informasi Terpercaya dan Bermanfaat

Syamsul Bahri
Kamis, 19 September 2024
Last Updated 2024-09-19T18:18:30Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
masukkan script iklan disini

News Cenel.id - Jakarta -
Hari Ulang Tahun (HUT) media Harapan Rakyat ke-20 tahun, diselenggarakan di Ciloto, Cipanas, Jawa Barat, mengangkat tema Tantangan Media di Era Digital, diruang sidang Merapi, Selasa (17/09/24).

Hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari Kalimantan Timur Lilik S, yang berusia 72 tahun, Kartika dari Gowa, Abdul Gafarudin dari Melawi. Parasian Sihombing dari Jawa Timur, Lundak Pakpahan, Kabupaten Landak. Maladewi dari Kabupaten OKI. Juga hadir dari Bandung, Surabaya, Depok, Tangerang dan DKI Jakarta, di Villa Ciloto Indah Permai.

Tidak lupa ketinggalan, Pimpinan Umum Harapan Agus Naibaho, turut hadir untuk mengawasi dan memantau kehadiran para Perwakilan, Biro, Kabiro, Wartawan, untuk memastikan semuanya merasa nyaman dan bahagia, serta memimpin pemotongan Tumpeng dan Kue Tar Ulang Tahun Harapan Rakyat.

"Selamat datang, saya ucapkan kepada Perwakilan, Biro Kabiro da Wartawan di acara HUT HR ke-20 tahun ini, semoga semuanya nyaman dan bahagia,”ucap Pimpinan Umum Agus Naibaho.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT HR ke-20, sekaligus menjabat Pimpinan Redaksi (Pemred) Johnny Tumanggor SH mengatakan, kali ini media Harapan Rakyat mengangkat tema “Tantangan Media di Era Digital".

"Alhamdulillah, antusias Wartawan media Harapan Rakyat dalam menghadiri acara HUT HR ke-20 tahun, terlihat sangat senang dan gembira, terima kasih juga atas sponsor dari Bukit Asam, Orang Tua Grub (OT) dan Kantor Hukum Johnny Tumanggor SH dan Rekan. Dalam diskusi tersebut juga nanti akan ada tanya jawab dari narasumber yang telah hadir ditengah-tengah kita semua,”ujar Ketua Panitia Johnny Tumanggor SH.

Sebagai narasumber dalam HUT HR ke-20 tahun dihadiri juga, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta Kesit Budi Handoyo, yang didampingi Sekertaris Jendral (Sekjen) Arman Maulana dan Seksi Perhubungan Budi Utomo, Sementara dari Praktisi Hukum Mila Azizah SH, MH.

Dalam paparannya Kesit B Handoyo terkait “Tantangan Media di Era Digital” sekarang ini media-media Online harus sudah memiliki Sosial Media (Sosmed), karena sudah menjadi kebutuhan dan mengikuti perkembangan jaman, terlebih lagi, kita harus banyak belajar dan bertanya kepada anak-anak muda, yang jauh lebih menguasai Medsos.

"Untuk membedakan antara media Online dan Sosmed adalah, media Online berbadan hukum dan memiliki struktur kepengurusan. Sementara Medsos yang digunakan kebanyakan masyarakat tidak berbadan hukum dan tidak mempunyai struktur kepengurusan,”papar Kesit dihadapan seluruh Wartawan, Wartawati, Harapan Rakyat di seluruh Indonesia.

Ditambahkan Kesit, Media Cetak dan Online yang sudah terverifikasi di Dewan Pers, jika terjadi sengketa dalam pemberitaan, akan mendapatkan pembelaan di Dewan Pers dan sebagai dari pihak yang merasa keberatan dari isi pemberitaan tersebut, memiliki Hak Jawab dan Hak Koreksi terhadap tulisan atau berita yang telah ditulis oleh Wartawan tersebut.

Hal berbeda dikatakan, praktisi hukum Mila Azizah SH, MH. Bahwa seorang Wartawan tidak mudah untuk di somasi, terkait masalah di pemberitaan. Dengan catatan, sebelum disajikan atau di publikasikan, Wartawan tersebut harus mengkonfirmasi pejabat yang akan di publikasikan terlebih dahulu.

"Konfirmasi itu penting untuk seorang Wartawan yang akan mempublikasikan seorang pejabat, bila tidak ada konfirmasi terlebih dahulu. Maka disitu ada pelanggaran terhadap penulisan isi pemberitaan tersebut," tutup Mila Azizah.
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Related Posts