Iklan

Sri Mulyani Lantik 440 Pejabat Kemenkeu: Tegaskan Integritas dan Kepemimpinan di Era Digital

ANDI AZWAR
Senin, 02 September 2024
Last Updated 2024-09-02T17:05:00Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
masukkan script iklan disini

CENEL.ID,Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, melantik 440 pejabat eselon II dan setara di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Senin (2/9) di Aula Mezzanine Gedung Juanda I, Jakarta. Pelantikan ini mencakup 49 pejabat Eselon II serta 391 pejabat Eselon III, IV, fungsional, dan unit non-eselon. 

Sri Mulyani menegaskan bahwa pelantikan ini merupakan bagian dari rotasi, promosi, serta pengisian posisi yang kosong akibat purna tugas. "Semuanya memiliki tugas yang sama, yaitu harus menjadi pemimpin di unit yang Anda kelola. Anda bukan sekedar pejabat, tapi harus menjadi pemimpin di mana role model akan selalu dilihat oleh anak buahnya," ujar Menkeu.

Dalam sambutannya, Menkeu juga menekankan pentingnya tanggung jawab para pejabat yang baru dilantik dalam menjaga keuangan negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagai instrumen penting untuk menjaga perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Ia juga menggarisbawahi perlunya transparansi, akuntabilitas, dan kredibilitas dalam pengelolaan keuangan negara di tengah dinamika demokrasi serta perubahan ekonomi global.

Etika Publik dan Adaptasi di Era Digital

Menkeu meminta para pejabat untuk tetap fokus dalam memberikan pelayanan terbaik dengan memegang teguh etika publik di segala kondisi. “Di masa di mana sosial media menjadi salah satu alat untuk masyarakat menyampaikan pandangannya, kita akan terus disorot selama 24 jam, 7 hari seminggu, dan terus menerus setiap bulan serta setiap tahun,” imbuhnya.

Sri Mulyani juga menekankan pentingnya adaptasi bagi para pejabat yang dilantik, karena mereka tidak hanya mengelola fiskal tetapi juga memimpin unit-unit kerja yang mayoritas anggotanya adalah generasi muda, mulai dari generasi X, Y, Z, Millennial, hingga generasi Alfa. “Mereka memiliki pengalaman hidup yang sangat berbeda dengan Anda,” jelasnya.

Harapan Menkeu untuk Masa Depan Kemenkeu

Menutup sambutannya, Sri Mulyani mengingatkan bahwa keberhasilan Kementerian Keuangan sangat bergantung pada sikap dan pemikiran para pejabatnya. Ia berharap pejabat yang baru dilantik mampu menjadi pemimpin yang dapat diandalkan dengan dedikasi dan pengabdian tinggi untuk kemajuan Indonesia.

Pelantikan ini menunjukkan komitmen Kemenkeu untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola keuangan negara yang lebih baik di tengah berbagai tantangan global dan domestik.[AZ]

Editor:Andi s
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Related Posts